Tips interview online

 Tips ini bisa anda lakukan jika interview melalui via zoom, gogle meet dll. sudah tidak heran lagi jika semua perusahaan melakukan metode interview online seperti ini. alasan nya sudah jelas karena meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Tidak sedikit juga yang masih binggung dalam menggunakan berbagai macam aplikasi interview online.. tidak salah, karena memang aplikasi ini juga baru hadir di tengah-tengah kita sebagai alternatif jitu untuk membuat pertemuan virtual.

Berikut adalah langkah-langkah atau tips jitu untuk sukses dalam melakukan interview online:


Langkah-langkah sukses wawancara online 

Tanyakan dengan  rinci mekanisme wawancara online 

Jangan ragu untuk menanyakan pada human resource departement (HRD) perusahaan tempat kamu melamar kerja tentang mekanisme wawancara online. Tanyakan dengan rinci segala sesuatu yang kamu masih ragu atau binggung.

Misalnya format apa yang digunakan untuk interview online, atau berapa lama interview online akan berlangsung. dengan hal ini kamu bisa mempersiapkan hal-hal teknis yang diperlukan untuk menunjang jalannya interview online.

Atau ajukan pertanyaan tentang aplikasi yang digunakan untuk interview online, apakah Google Meet, zoom atau yang lainnya. Sehingga dengan ini kamu bisa memastikan untuk menginstalasi terlebih dahulu jika aplikasi yang disepakati belum ada. ini akan membantu kamu menurunkan resiko masalah teknis terjadi saat interview online akan dimulai.

Menggunakan deskop bukan ponsel

Langkah ini di ambil agar koneksi dapat lebih lancar. koneksi ponsel dapat mudah terputus dan besar resikonya tidak stabil saat interview berlangsung. sehingga menggunakan deskop lebih disarankan untuk interview online.

Disamping itu, kamu juga seperti yang sudah di bahas di atas, kamu harus menyiapkan aplikasi yang sudah di sepakati. pastikan kamu juga mencari informasi cara penggunaan aplikasi tersebut. perhatikan dengan baik fungsi dan kegunaan tools yang disediakan di aplikasi.

Mengetahui dengan baik kegunaan fitur-fitur yang ada di aplikasi memudahkan kamu untuk bisa mengatur kualitas gambar, volume dan sebagai dengan lebih maksimal 

Berdandan profesional

Melakukan interview online tidak bisa mengabaikan begitu saja pakaian kamu. meski sebenarnya ini adalah pengetahuan yang sangat umum, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang lupa melakukan hal ini, melakukan interview online juga harus mennggunakan pakaian yang rapih dan sopan. serta berdandan dengan baik. bayangkan saja kamu sedang melakukan wawencara kerja langsung dan bertatap muka dengan HRD.

Kamu juga harus memastikan jika menggunakan pakaian rapi dan sopan juga memperhatikan warna yang cocok. pemilihan warna yang berlebihan atau mencolok dengan motif yang terlalu ramai misalnya juga menjadi tidak nyaman untuk di pandang

Pilih warna,bahan,dan motif yang sederhana. agar kamu bisa merasa jauh lebih yakin, kamu bisa menanyakan atau meminta saran teman, anggota keluarga, atau yang lain tentang tampilan kamu dengan pakaian tersebut.

Pastikan jaringan internet stabil

Dengan mematikan jaringan internet kamu stabil bisa menghindari kamu dari gangguan saat interview online sedang berlangsung. jangan sampai membuat suara kamu atau pewawancara terpotong atau tidak jelas bahkan hingga tidak terdengar karena jaringan internet yang ada tidak stabil bahkan buruk.

Tidak jarang masalah jaringan menjadi sumber masalah utama saat interview online berlangsung. maka dari itu kamu diharuskan untuk memastikan jaringan kamu stabil, cek jaringan WiFi atau provider  dengan kekuatan jaringan yang baik.

Perhatikan bahasa mata dan gerak tubuh

Saat interview dimuali lewat perkenalan,khususnya untuk interview online, pastikan kamu tetap fokus menatap kamera yang mengarah ke pewawancara, di sebrang sana tetap bisa memperhatikan kita dengan baik melalui kamera. selain itu perhatikan juga gerak tubuh kamu selama tersenyum. ini penting untuk memastikan kamu orang yang hangat dan ramas, serta bersahabat.

Siapkan pertanyaan untuk sesi akhir

Siapkan pertanyaan untuk sesi akhir wawancara. sesi akhir ini juga bisa dimanfaatkan perusahaan untuk membuka pertanyaan mengenai posisi atau jabatan yang dilamar atau pertanyaan tentang profil perusahaan itu sendiri. sesi ini bisa kamu manfatkan untuk mempelajari lebih jauh tentang deskripsi pekerjaan kamu atau tentang mekanisme bekerja di perusahaan tersebut dan lain sebagai.

Jadi ini adalah beberapa tips jitu interview online yang bisa kamu terapkan. dengan melakukan langkah ini dengan baik dan rinci kamu sudah melakukan usaha terbaik untuk menjadi kadidat yang dipertimbangkan perusahaan. hal ini pasti akan terlihat dari kesiapan kamu saat interview online berlangsung. kematangan persiapan akan terlihat oleh pewawancara. selamat mencobaaa





SC : duta persada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat checklist di microsoft word